Go-Show

Bagaimana Berinvestasi Secara Internasional Dari Amerika Serikat ?

  • Ada 3 cara bagi para investor AS untuk berinvestasi secara internasional. Pelajarilah cara berinvestasi di pasar negara berkembang tanpa harus meninggalkan AS

Dengan munculnya kapitalisme di Cina dan ledakan ekspansi ekonomi di Amerika Latin (ditunjukan kepada hanya beberapa nama pasar berkembang), jika anda hanya berinvestasi di Amerika Serikat maka anda akan membatasi portofolio investasimu didalam sebagian kecil dari kelas aset ekuitas global. Namun, investasi internasional tidak akan menjadi berhati lemah ataupun investor berpengalaman.

Ketika datang ke dalam permainan ekuitas global, ada beberapa hal yang harus dipahami sebelum melakukan perdagangan pertamamu.

Harap dicatat: Dibawah ini didasarkan pada beberapa kinerja ekuitas bertahun-tahun di Tokyo, Hong Kong dan London; diikuti dengan mengelola bisnis pemberian saham perusahaan di Merrill Lynch selama 10 tahun.

  • Empat hal yang perlu dipertimbangkan sebelum anda berinvestasi secara internasional
  1. Hal yang menyangkut pengetahuan lokal

Untuk memahami kebudayaan, adat istiadat, kejadian terkini, mode dan politik suatu bangsa dengan baik, anda perlu secara fisik berada di negara tersebut. Menjadi orang lokal akan menyediakan lingkungan utama untuk penelitian dan waktu yang lebih baik untuk berinvestasi.

  1. Tidak ada dua pasar yang sama: Di tiap pasar negara yang berbeda maka perintah kelipatannya juga berbeda dan permintaan investor pun bervariasi. Dibawah ini adalah alasan untuk menjelaskannya:
  • Kebijakan moneter dan fiskal akan sangat bervariasi dari satu negara ke negara lain
  • Kurva hasil juga bervariasi.
  • Kegiatan investasi dipengaruhi oleh kelompok-kelompok yang berbeda. Sebagai contoh, di beberapa negara, program pensiun memaikan peran yang jauh lebih besar daripada pasar. Di negara lain, investor individu adalah kekuatan yang sangat menonjol.
  • Tahap pertumbuhan ekonomi (entah ekonomi itu sedang berkembang, diperluas, dewasa atau kontrak) mempengaruhi prospek pertumbuhan dan resiko negara.
  1. Perusahaan sangat bervariasi – bahkan didalam industri yang sama: Peritel asal Amerikan mungkin berbeda dari yang lain – katakanlah peritel dari Jepang. Jika anda tidak mempercayai hal ini, cobalah untuk membandingkan pengalaman saat berbelanja di Macy (M) dengan yang ada di Mitsukoshi
  2. Dampak valuta asing (FOREX): Bila anda berinvestasi di luar negeri maka anda berinvestasi didalam dua aset: saham aset pokok atau obligasi dan mata uang negara. Perubahan hubungan diantara mata uang negara akan berdampak pada investasi secara langsung pengamanan luar negeri

Faktora-faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat berinvestasi secara internasional termasuk perbedaan global dalam akutansi dan pajak.

  • 3 cara untuk berinvestasi secara internasional

Dibawah ini adalah 3 cara efektif untuk berinvestasi secara internasional dari dalam Amerika Serikat, diantaranya adalah:

  1. Spesifik negara atau dana wilayah:

Melalui penelitian internet berbasis “jarak-jauh”, tentu jauh lebih mudah untuk mengukur bagaimana pasar yang luas akan dikenakan tarif (misalnya) di Korea Selatan atau Italia daripada melakukannya di masing-masing perusahaan seperti Samsung berbasis Korea Selatan atau berbasis di Italia seperti UniCredit Italiano.

Sebagian besar negara memiliki indeks seeprti Nikkei 225 di Jepang atau DAX di Jerman. Selain itu, banyak investor internasional akan menggunakan MSCI – serangkaian indeks internasional sebagai pedoman untuk investasi asing.

Setelah anda memutuskan satu negara atau wilayah untuk berinvestasi didalamnya, ada dua cara yang efektif untuk memainkan dana negara: Exchange-Traded Funds (ETFs) atau reksadana yang ditutup akhir.

Strategi pemahaman dan investasi di seluruh negara atau kawasan ekonomi, pasar atau valuta asing adalah upaya lebih kompleks dan kurang beresiko daripada mengambil posisi yang tepat dalam sebuah perusahaan asing.

  1. Perusahaan berbasis asing:

Mengingat pertimbangan didalam daftar sebelumnya, jika anda merasa nyaman saat berinvestasi di perusahaan berbasis asing maka anda perlu memahami bagaimana kinerja dari pasar untuk saham internasional.

Saham asing yang diperdagangkan di bursa negara dan disebut saham sebagai biasa. Saham biasa dalam mata uang negara. Banyak perusahaan asing akan mencatatkan sahamnya di Amerika Serikat pada efek yang disebut American Depository Receipts (ADRs).

  1. Perusahaan multinasional AS:

Ada banyak perusahaan Amerika yang memiliki pendapatan besar dan generasi aliran dana dari operasi di luar negeri. Ambil contoh perusahaan seperti McDonald (MCD). McDonald memiliki sekitar 50% dari pendapatan yang bersumber dari pasar internasional.

Informasi bisnis internasional di sebuah perusahaan dapat dengan mudah diperoleh didalam perilisan laba  per kuartal dan laporan tahunan atau laba panggilan konferensi. Selain itu, beberapa perusahaan menyediakan kemudahan saat membaca kembaran fakta dengan pengoperasian informasi di situs web-nya.

Dengan mengetahui berinvetasi secara internasional, dipastikan kalian mengetahui cara cepat kaya karena dengan pengetahuan ini kalian dapat menggolah data keuangan yang ada dan menghasilkan jutaan dolar.